ANALISIS PERSPEKTIF GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PEMBELAJARAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Nining Winarsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Siti Musliha Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Winda Septiana Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Siti Nur Faize Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.102

Keywords:

Problematika Guru, Kurikulum Merdeka, Kabupaten Probolinggo.

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan tantangan yang dihadapi oleh para guru saat menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar di Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif interpretatif. Subjek dari penelitian ini merupakan guru yang ada di Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data adalah menyebarkan kuesioner penelitian kepada guru di Kabupaten Probolinggo. Analisis data dalam penelitian ini meliputi empat langkah, yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kurikulum merdeka belajar telah berlangsung selama dua tahun, namun tidak semua sekolah menerapkannya. Tantangan yang dihadapi oleh guru antara lain lingkungan sekolah yang kurang mendukung, perangkat terbuka yang harus dibuat, minimnya informasi dan keterbatasan fasilitas di daerah tertinggal. Beberapa guru menyatakan di bawah kurikulum merdeka belajar kurang relevan di wilayah pedesaan namun, ada pandangan positif bahwasannya kurikulum ini dianggap sebagai sebuah Upaya untuk mengatasi tantangan pendidikan yang muncul akibat pandemi COVID-19. Guru merasakan kebebasan dan keleluasaan dalam mengajar di era kurikulum merdeka belajar. Diperlukan upaya bersama antara sekolah dan pemerintah serta masyarakat untuk meningkatkan kondisi sekolah dan memastikan agar iklim merdeka ini berjalan secara maksimal.

References

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Anjarwati, A., Az-zahra, P. F., Putri, M. K., Fatma, T., Anjarwati, A., Az-zahra, P. F., Putri, M. K., & Putri, T. F. (2024). Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan Melatih karakter Kemandirian Efforts to Realize a Pancasila Student Profile by Practicing the Character of Independence. 32(2), 283–290.

Bukhari, I., & Winarsih, N. (2020). KONTRIBUSI PENDIDIKAN IPS DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI MASA NEW NORMAL. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 227-236.

Cui, Y., Lei, H., & Zhou, W. (2018). Changes in School Curriculum Administration in China. ECNU Review of Education, 1(1), 34–57. https://doi.org/10.30926/ecnuroe2018010103

Frastika, A. F. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Indonesia. Journal Educational of Indonesia Language, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.36269/jeil.v3i2.1067

Geletu, G. M., & Mihiretie, D. M. (2023). Professional accountability and responsibility of learning communities of practice in professional development versus curriculum practice in classrooms: Possibilities and pathways. International Journal of Educational Research Open, 4(December 2022), 100223. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100223

Harianto, B. T., Sugiono, Sumiati, & Wibowo, A. (2023). Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/10.37250/newkiki.v41.184

Jannah, F., Irtifa, T., & Fatimah Az Zahra, P. (2022). Problematika penerapan kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al YAZIDIY: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Lee, M., & Harris, L. M. A. (2020). Teachers’ organization of world history in South Korea: Challenges and opportunities for curriculum and practice. Journal of Social Studies Research, 44(4), 339–354. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2020.05.002

Muhajir. R, O. L. M. U. et al. (n.d.). eBook Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar Ahmad Muflihin-compressed (1).

Peercy, M. M., & Sharkey, J. (2020). Missing a S-STEP? How self-study of teacher education practice can support the language teacher education knowledge base. Language Teaching Research, 24(1), 105–115. https://doi.org/10.1177/1362168818777526

Rahman, R., & Fuad, M. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. Retrieved from https://journal.discourseonline.id/index.php/djosse/article/view/103

Sma, D., Pamanukan, N., & Subang, K. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka. 1(3).

Smeed, J., Bourke, T., Nickerson, J., & Corsbie, T. (2015). Testing Times for the Implementation of Curriculum Change: Analysis and Extension of a Curriculum Change Model. SAGE Open, 5(2). https://doi.org/10.1177/2158244015581018

Sudirman, Hermansyah, & Mansyur. (2020). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 318–333.

Winarsih, N., & Aminah, S. (2024). Optimalisasi Parenting Orang Tua Untuk Anak Disabilitas: Sebuah Studi Eksplorasi Siswa Difabel Di Probolinggo. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 115-124.

Zulya, A. A. (2022). Problematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–6. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1115%0Ahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/download/1115/951

Zweeris, K., Tigelaar, E. H., & Janssen, F. J. J. M. (2023). Studying curriculum orientations in teachers’ everyday practices: A goal systems approach. Teaching and Teacher Education, 122, 103969. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103969

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Winarsih, N., Musliha, S., Septiana, W., & Faize, S. N. (2023). ANALISIS PERSPEKTIF GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PEMBELAJARAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.102

Issue

Section

Articles