INOVASI PEMBELAJARAN: EKSPLORASI KEEFEKTIFAN METODE KOOPERATIF ‘MAKE A MATCH’ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS

Authors

  • Nining Winarsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Winda Septiana Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Siti Musliha Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Siti Nur Faize Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.100

Keywords:

Metode Kooperatif, Make a Match, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode "Make a Match" dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Ichyaul Islam, Desa Kapasan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Sampel penelitian berasal dari kelas VIII dengan 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, khususnya penelitian deskriptif. Fokus penelitian ditujukan kepada guru IPS dan siswa kelas VIII yang menerapkan model pembelajaran "Make a Match". Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode "Make a Match" secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kemampuan siswa mengingat jawaban lebih cepat, dan respon positif tercermin dari ekspresi mereka yang lebih tertarik, termotivasi, dan bersemangat dalam pembelajaran. Temuan ini berpotensi positif untuk pengembangan model pembelajaran di sekolah-sekolah yang masih menerapkan metode konvensional. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut oleh peneliti lain. Dengan demikian, penerapan metode "Make a Match" di MTS Ichyaul Islam dianggap sebagai strategi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552

Bećirović, S., Dubravac, V., & Brdarević-Čeljo, A. (2022). Cooperative Learning as a Pathway to Strengthening Motivation and Improving Achievement in an EFL Classroom. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440221078016

Casey, A., & Quennerstedt, M. (2020). Cooperative learning in physical education encountering Dewey ’ s educational theory. 26(4), 1023–1037. https://doi.org/10.1177/1356336X20904075

Danil, M., Yulia, & Hasnah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. Pinisi Journal Of Education, 2(5), 165–175. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2591

Hana, A. F., Wulandari, S. H., Hasan, B. M., & Fantini, E. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KOMUNIKASI SECARA LANGSUNG PADA GENERASI Z DI JAKARTA SELATAN. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1)

Hartanti, H., Fidiyanti, N., Ruhimat, M., Winarti, M., Studi, P., Ilmu, P., & Sosial, P. (2015). EFFECT OF IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL MAKE A MATCH TECHNIQUE ON STUDENT LEARNING MOTIVATION IN SOCIAL SCIENCE LEARNING (Quasi Experimental Class VIII SMP Negeri 40 Bandung).

Kurnia, H., & Septera, G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Academy of Education Journal, 10(02), 109–121. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.277

Purnamasari, Irmas. Moeslihat Rahmat. Munsthasofi, B. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. 3(1), 68–87.

Putri, A., & Tirtoni, F. (2021). Literature Study Of The Effect Of Make a Match Learning Model Assisted With Index Card Match (ICM) Media to Improve Cognitive Learning Outcomes In Civics Learning Elementary School Student. Academia Open, 6, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1876

Rasul, a. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Yapis Timika. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2592

Riyani, E., Rizal, M. S., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Make a Match Type of Cooperative Learning Model to Social Skills of Elementary School Students. 6(2), 1435–1439.

Sitompul, H. S., & Maulina, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1008

Warjiyati, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 72–81. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.124

Wattanawongwan, S., Smith, S. D., & Vannest, K. J. (2021). Cooperative Learning Strategies for Building Relationship Skills in Students With Emotional and Behavioral Disorders. https://doi.org/10.1177/1074295621997599

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Winarsih, N., Septiana, W., Musliha, S., & Faize, S. N. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN: EKSPLORASI KEEFEKTIFAN METODE KOOPERATIF ‘MAKE A MATCH’ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 142–150. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.100

Issue

Section

Articles