Kajian Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di SMP Negeri 2 Passi Desa Bintau Kecamatan Passi Kabupaten Bolaang Mangondouw.
Keywords:
Learning Motivation, Problem Based Learning, Junior High SchoolAbstract
Studi ini akan menjelaskan bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah di SMP Negeri 2 Passi. Inti dari eksplorasi tersebut adalah untuk mengetahui inspirasi pembelajaran siswa dalam pembelajaran ujian IPS melalui pembelajaran berbasis isu pada siswa di SMP Negeri 2 Passi. Strategi eksplorasi subjektif, metode pengumpulan informasi khususnya persepsi, dokumentasi dan pertemuan. Saksinya adalah guru ujian sosial, dalam hal ini tiga orang guru geologi, dengan pemeriksaan subjektif menurut Miles dan Hubberman. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa kemajuan awal yang dilakukan pendidik ujian ramah dalam memberikan inspirasi belajar kepada siswa di SMP Negeri 2 Passi Kota Bintau, Daerah Passi Barat, Rezim Bolaang Mangondow, melalui model pembelajaran berbasis isu, meliputi beberapa latihan seperti menyusun rencana pembelajaran, menyusun latihan, mempersiapkan kelas dan siswa, danerencanakan model pembelajaran. Kedua upaya untuk meningkatkan inspirasi pembelajaran meliputi; memahami manfaat pick up berdasarkan isu, membuka pintu terhadap anggapan, dan memperkenalkan materi yang menarik. Faktor-faktor yang menghambat upaya guru dalam membangun inspirasi belajar siswa dalam pembelajaran berbasis isu antara lain rendahnya inspirasi dan minat belajar, faktor lingkungan yang tidak mendukung siswa dan terbatasnya konsentrasi waktu di sekolah.
References
Abuddin, Nata. (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.Ali & Asrori. (2014). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. PT. Bumi Aksara.
Alimuddin, A., & Arifin, I. (2024). PERSEPSI GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI SMPN 26 MAKASSAR. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(3), 212–219. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i3.111
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Aunurrahman, 2010 Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_ 2 0_th_2003.pdf pada 22 Juli 2019
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara. Masnur Muslich. (2007). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang: Bumi Aksara.
Ngalimun, dkk. (2013).Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Nur Fadillah, N. F., & Syukur, M. (2024). ANALISIS PENINGKATAN LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SPF SD NEGERI MATTOANGIN 1. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.69875/djosse.v2i1.119
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan profesinalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan aplikasi paikem. Syahdan, M., Hakim, M. A., & Hamzah, E. I. (2024). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 SIGI. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 2(1), 62–72. https://doi.org/10.69875/djosse.v2i1.152
Winarsih, N., Musliha, S., Septiana, W., & Faize, S. N. (2023). ANALISIS PERSPEKTIF GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PEMBELAJARAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.102
Winarsih, N., Septiana, W., Musliha, S., & Faize, S. N. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN: EKSPLORASI KEEFEKTIFAN METODE KOOPERATIF ‘MAKE A MATCH’ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 142–150. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alam Fahri Tambaan, Hermon M. Karwur, Manuel E. Korompis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.