Focus And Scope

Contemporary Education Review adalah jurnal yang bertujuan menjadi wadah akademik bagi para peneliti, pendidik, dan pembuat kebijakan untuk menyampaikan hasil kajian, analisis kritis, serta praktik terbaik dalam bidang pendidikan. Jurnal ini menekankan pada isu-isu kontemporer dalam pendidikan, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global, serta menawarkan pendekatan transformatif dalam merespons tantangan dan peluang dalam dunia pendidikan modern.

Jurnal ini meliputi ruang lingkup kajian, yaitu:

Isu-Isu Kontemporer dalam Pendidikan
Menerbitkan artikel yang mengeksplorasi tantangan dan perubahan dalam sistem pendidikan kontemporer, seperti digitalisasi pembelajaran, pendidikan inklusif, pendidikan karakter, keberlanjutan, hingga ketimpangan akses pendidikan. Bagian ini mendorong diskusi kritis terhadap dinamika sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang memengaruhi pendidikan saat ini.

Pengembangan dan Inovasi Kurikulum
Fokus ini mencakup kajian teoritis dan empiris tentang perancangan, evaluasi, dan implementasi kurikulum yang responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah integrasi nilai-nilai lokal dan global dalam kurikulum serta pembaruan kurikulum berbasis kompetensi abad ke-21.

Inovasi dalam Praktik Pendidikan
Menyediakan ruang untuk mengeksplorasi inovasi dalam praktik mengajar dan manajemen pendidikan, baik dalam konteks pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Artikel dapat membahas model kepemimpinan pendidikan, praktik kolaboratif antar-pemangku kepentingan, serta penerapan teknologi dalam pengelolaan kelas dan institusi pendidikan.

Pengembangan Metode Pembelajaran dan Pengajaran
Berisi kajian tentang pendekatan, strategi, dan model pembelajaran yang inovatif dan efektif, termasuk penggunaan media pembelajaran digital, pendekatan berbasis proyek (project-based learning), pembelajaran kontekstual, dan pedagogi reflektif. Penelitian yang berfokus pada efektivitas metode tertentu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sangat didorong untuk diterbitkan.

Kajian Interdisipliner tentang Transformasi Pendidikan
Mengundang artikel yang menghubungkan pendidikan dengan bidang ilmu lain, seperti sosiologi, psikologi, teknologi, ekonomi, antropologi, hingga kajian lingkungan untuk memahami secara lebih komprehensif peran pendidikan dalam membentuk masyarakat modern. Kajian ini menyoroti bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana transformasi sosial, budaya, dan ekologis.

Contemporary Education Review menerima naskah penelitian empiris (kuantitatif maupun kualitatif), studi kasus, kajian teoretis, artikel reflektif, serta ulasan kritis terhadap literatur atau kebijakan pendidikan. Setiap artikel yang dikirimkan harus menunjukkan kontribusi akademik yang jelas, pendekatan metodologis yang valid, serta refleksi kritis terhadap implikasi teoritis dan praktisnya.

Dewan Redaksi Contemporary Education Review mengundang kontribusi dari akademisi, praktisi, dan pemangku kebijakan pendidikan untuk turut memperkaya diskursus ilmiah yang transformatif, berlandaskan data, dan berdampak luas bagi kemajuan pendidikan di era kontemporer.