TRANSFORMASI POLITISI MILENIAL (STRATEGI ANGGOTA DPRD MILENIAL DALAM MERAIH DUKUNGAN POLITIK PADA PEMILIHAN ANGGOTA LEGISLATIF KOTA BAUBAU TAHUN 2019)

Authors

  • Arief Budianto Gavoer Universitas Muslim Buton

DOI:

https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.67

Keywords:

Strategi Politik, Politisi Milenial, PILEG, Kota Bau-Bau

Abstract

Artikel ini menganalisis strategi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) generasi milenial dalam memperoleh dukungan pada Pemilihan Anggota Legislatif (PILEG) Kota Baubau tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan anggota DPRD generasi milenial yang terlibat dalam PILEG tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota DPRD generasi milenial menggunakan strategi inovatif dalam memperoleh dukungan masyarakat. Mereka memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi utama untuk menyebarkan pesan kampanye mereka. Dengan keterampilan teknologi yang dimiliki, mereka menciptakan konten menarik seperti video kampanye, infografis, dan live streaming untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, mereka juga melakukan interaksi langsung dengan pemilih melalui pertemuan tatap muka kampanye jalanan, dan diskusi publik. Anggota DPRD generasi milenial juga berusaha membangun citra yang dekat dengan pemilih muda melalui partisipasi aktif dalam kegiatan pemuda dan advokasi isu-isu yang relevan bagi generasi muda. Strategi ini terbukti efektif dalam membangun koneksi emosional dengan pemilih, meningkatkan partisipasi pemilih muda, dan memperoleh dukungan yang signifikan dalam PILEG Kota Baubau tahun 2019. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya adaptasi strategi kampanye untuk generasi milenial dan pemanfaatan teknologi dalam meraih dukungan politik di era modern

 

References

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Alfian, M. A. (2013). Menjadi pemimpin politik. Gramedia Pustaka Utama.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi: Konsep Jakarta. Salemba Empat Edisi.

Hikmat, H. M. M. (2018). Jurnalistik: literary journalism. Kencana.

MARDIASMO, M. (2001). Pengawasan, pengendalian, dan pemeriksaan kinerja pemerintah daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 441–456.

Miles, M. B., & Huberman, M. B. (2014). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode - Metode Baru. UI-Press.

Mukhtadi, M., & Komala, R. M. (2019). Membangun Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Milenial Dalam Sistem Pertahanan Negara. Manajemen Pertahanan: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Manajemen Pertahanan, 4(2).

Schroder, P. (2010). Strategi Politik, Jakarta. Friedrich-Naumann-Stiftung Fuer Die Freiheit.

Sidik, S., Hasrin, A., Fathimah, S., Hamsah, H., & Sasea, S. C. (2023). Perjuangan Perempuan Kota Tomohon Pada Kontestasi Politik Lokal. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(02), 76-92.

Steinner, G., & Minner, J. (2002). Manajemen Stratejik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Utomo, W. P. (2019). Indonesia Millennial Report 2019-IDN Research Institute.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Gavoer, A. B. (2023). TRANSFORMASI POLITISI MILENIAL (STRATEGI ANGGOTA DPRD MILENIAL DALAM MERAIH DUKUNGAN POLITIK PADA PEMILIHAN ANGGOTA LEGISLATIF KOTA BAUBAU TAHUN 2019). DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 26–42. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.67

Issue

Section

Articles